
Sekarang bagaiman kontruksi mesin tersebut dapat bekerja? Ok. Itulah sekilas tentang bagian- bagian mesin sepeda motor. Rangkaian mesin yang ada di bak engkol antara lain :ĭan di bak engkol inilah mesin bersatu dengan rangka sepeda motor. di dalam bak engkol terdapat rangkaian mesin secara komplit dibuat. Poros engkol terletak di bagian bawah kontruksi mesin. lubang silender di dalam blok silinder diberi pelapis logam khusus, hal ini berfunsi untuk mengurangi keausan akibat bergesekan dengan torak dan cincin torak ( piston ring) Di tengah -tengah blok silinder terdapat lubang tepat torak(piston) melakukan kerja. mengenai perbedaan kepala silinder mesin empat langkah dengan mesin dua langkah dapat anda baca disini.īlok silinder berada diantara kepala silinder dengan bak engkol. dimana kepala silinder mesin dua langkah kontruksinya lebih sederhana daarai pada mesin empat langkah. Diantara kepala silinder dengan blok silinder dipasang perepat berupa paking atau gasket, gasket ini bertujuan untuk menutup ruang bakar terjadinya kompresi agar tidak bocor.Īda perbedaan kepala silinder mesin dua langkah ddengan mesin empat langkah. Kepala Silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder yang di perkuat dengan baut. Kepala silinder biasanya terbuat dari logam aluminium campuran. Secara sederhana kontruksi mesin sepeda motor dapat di bagi kedalam tiga kelompok yaitu :īagian paling ujung atas dari kontruksi mesin adalah kepala silinder yang mana fungsinya adalah sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan juga berfungsi sebagai kedudukan komponen lainnya yang tidak kalah pentingnya guana kelancaran hidupnya mesin yang bersangkutan. Percikan api ini di hasilkan akibat loncatan listrik tegangan tinggi pada benda yang disebut busi atau spark plug. Campuran bensin dan udara di bakar dengan jalan di beri percikan api. Kedua jenis mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga dengan jalan membakar campuran bensin dan udara di dalam ruangan tertutup rapat di bagian dalam mesin. Prinsip kerja mesin sepeda motor yang di gunakan dapat di golongkan menjadi dua jenis yaitu, mesin dua langkah disebut 2 stroke, maupun mesin empat langkah 4 stroke. langsung saja kita ke materi pembahasan cara kerja mesin sepeda motor.

Atau setidaknya kita bisa mengerti sistem keraj mesin sepeda motor maka anda bisa memperbaiki sepeda motor kesayangan anda sendiri. Rodanya ada dua depan belakang.haha bukan itu maksud saya, tapi prinsip kerja dari pabrikan pabrikan dunia tetap sama.ĭengan makin banyaknya sepeda motor di jalanan, maka sebetulnya ini peluang bisnis membuka bengkel.

Tidak hanya terlihat di layar kaca, di jalananpun makin banyak motor kukucitahe tersebut.ĭari Jepang, Eropa, Amerika, maupun India pun prinsip sepeda motor tetap sama. Ya.ya.betul itu bunyi iklan, yang sering terlihat dilayar kaca. Namum akhir akir ini dijalanan tidak hanya dimonopoli sepeda buatan jepang saja. Ya, Jepang merupakan negara pemasok sepeda motor pertama ke Indonesia. Ini dikarenakan harga buatan sepeda motor buatan Amerika (seperti merk : Herlydavidson), maupun Eropa (BMW) tak terjangkau oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Jalan pantura pasti akan penuh sesak berjejal kendaraan roda dua.ĭitahun - tahun lalu sepeda motor yang ada di Indonesia kebanyakan buatan Jepang, hanya sedikit buatan Amerika maupun Eropa yang nongol di jalanan. Coba liat di jalan raya, berpuluh puluh sepeda motor susul menyusul. Oleh sebab itu sepeda motor menjadi jawabannya. Disamping itu juga dikarenakan ketidaktersediannya jalan jalan yang mendukung transportasi umum eksis. Keunggulan sepeda motor sebagai sarana transportasi di banding dengan kendaraan umum lainnya, tidak di punggkiri karena sarana transportasi umum di negeri tercinta ini belum di sepenuhnya memuaskan masyarakat. Sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari sebagai sarana transportasi. Kendaraan sepeda motor dinegara kita yang dulu merupakan barang mewah,kini lain ceritanya.
